Program Kerja 2007 Bab 1
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG.
Dalam menghadapi dunia modern, organisasi sekolah harus selalu cepat beradaptasi dengan perubahan yang selalu terjadi secara terus menerus, karena adanya perubahan-perubahan yang begitu pesat didalam masyarakat dewasa ini.
Perubahan-perubahan ini membawa dampak terhadap dunia pendidikan, khususnya bagi sekolah ini adalah merupakan tantangan yang harus di hadapi.
Untuk menghadapi kompleksnya problematik di atas, maka diperlukan sekolah efektif, dengan ciri :
Memiliki otonomi yang luas
Mampu memaksimalkan waktu belajar
Mampu melibatkan semua unsur sekolah, orang tua dan masyarakat
Adanya pemerataan untuk memperoleh pendidikan
Adanya peningkatan sistem manajemen sekolah
Meningkatnya kualitas sekolah
Hal ini didukung oleh UU No. 25 tahun 2000, yaitu tugas dan wewenang sekolah yang harus dilaksanakan dalam rangka peningkatan otonomi sekolah .
Program pembangunan nasional menyebutkan sekolah menengah dapat menyelenggarakan pendidikan dengan MPMBS ( School / Community Based Education ) sebagai pola pembinaan sekolah secara nasional dimasa depan, terutama untuk mewujudkan mutu sekolah .
Dalam konsteks tersebut sekolah perlu membangun tatanan baru, demokratis, transparansi, partisipatif dan akuntabilitas dengan program yang berencana, teratur, terarah dan berkelanjutan diharapkan dapat melahirkan paradigma baru yang mampu membawa siswa untuk hidup tertib, aman, berkemauan keras dalam upaya melanjutkan Pembangunan Nasional menuju cita-cita Bangsa, sebagaimana amanat dan cita-cita Proklamasi tahun 1945.
PRIORITAS DAN STRATEGI 2007/2008 :
Meningkatkan Imtaq dan Ipteks
Pembinaan Integritas pribadi, ketinggian akhlak dan moral
Peningkatan kemampuan Intelektual dan profesional
Peningkatan ketertiban dan keamanan
Peningkatan kemampuan berkomunikasi dan berpartisipasi serta bekerja sama
Memelihara kebudayaan nasional
Memperkuat kedudukan, wibawa dan martabat personil
Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler
ANCAMAN, KEKUATAN, KELEMAHAN DAN PELUANG
ANCAMAN
Input Sekolah rendah
Kurangnya guru mata pelajaran tertentu
Sarana sekolah belum memadai
Rawan drop out
Kondisi keamanan Internal Sekolah belum memadai.
Faktor Lingkungan kurang mendukung
2. KEKUATAN
Dedikasi dan loyalitas personil baik.
Kedisiplinan siswa dan personil sekolah baik
3. KELEMAHAN
Standart kompetensi setiap mata pelajaran masih kurang
Motivasi siswa untuk belajar kurang.
4. PELUANG
Dukungan masyarakat terhadap sekolah baik.
Adanya Partisipasi Pemerintah Daerah dalam pemberian kesejahteraan
Dari permasalahan di atas, maka diupayakan program sekolah ini mampu meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kota Tarakan.
DASAR
Program kerja ini di susun dengan mengacu kepada :
UU No. 2/1989
UU No. 25 / 2000
PP. No.28 dan 29 Tahun 1990
Kep. Men Dikbud No. 0209/U/1982
Kep. Men Dikbud No. 060/ U/ 1993 dan atau No. 061 / U/ 1993
Kep Dirjen Dikdasmen No. 107/ KEP/1996
7. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
8. Undang – undang Sikdiknas Tahun 2003.
TUJUAN.
Sebagai Pedoman dan landasan kerja.
Sebagai arah dalam mengambil kebijakan.
Sebagai alat ukur kegiatan sekolah.
Memberikan perencanaan dan pembinaan yang terarah dan berkelanjutan.
Menunjang efektifitas , efisiensi dan mekanisme kerja.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda